Manusia dan Keadilan

SALAH TANGKAP TERSANGKA...???


Jarang sekali kita mendengar adanya kasus salah tangkap yang dilakukan oleh jajaran kepolisian terhadap orang yang disangka melakukan tindak pidana. Mungkin yang kita tahu hanyalah berita – berita yang baiknya saja. Akan tetapi mamang terkadang ada saja jajaran kepolisian yang bertindak tidak profesional dan cenderung memaksakan diri untuk memenuhi target penangkapan dan penuntasan terhadap suatu kasus sehingga mereka dengan asal dan terkadang tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk menangkap dan memenjarakan orang yang memang tidak bersalah dalam kasus yang sedang ditanganinya itu. Hal – hal seperti inilah yang sepertinya ditutup rapat – rapat oleh pihak – pihak tertentu.
Apa mungkin di negara kita sudah tidak adanya keadilan lagi atas orang yang belum tentu, bahkan memang tidak bersalah untuk mendapatkan hak belanya ?. Apalagi kalau orang tersebut memang orang yang berasal dari golongan bawah yang tidak memiliki cukup banyak uang untuk menyewa pengacara untuk membelanya. Sudah tidak heran lagi memang, dinegara kita Indonesia ini, memang uang lah yang berkuasa. Dengan adanya uang, kita bisa membeli semuanya, tidak terkecuali keadilan pun bisa dibeli olehnya.
Contohnya saja Gayus Tambunan yang telah membuktikan bahwa uang telah berkuasa atas segalanya. Gayus bisa keluar masuk penjara dengan menyogok petugas sipil. Bagaimana dengan nasib orang yang berada digolongan bawah yang benar – benar tidak bersalah namun mereka harus mendekam di dalam pernjara. Dan kemungkinan pula banyak diantara mereka yang bingung harus mengadu kemana. Mereka hanya bisa pasrah dalam menghadapi masalahnya. Seharusnya pemerintah dapat langsung memperhatikan nasip mereka, agar tidak ada lagi kasus – kasus seperti ini kelak.

0 komentar:

Posting Komentar