Manusia dan Harapan

Harapan Seorang Ibu Terhadap Anak - Anaknya


Suatu hal yang sangat wajar apabila orangtua memiliki suatu harapan terhadap anak-anaknya, justru sangat aneh rasanya bila ada orangtua yang tidak memiliki harapan apapun terhadap anak-anaknya. Saya tahu, sebagian diantara kita ataupun orangtua kita mungkin memiliki banyak keinginan dan harapan yang tinggi kepada anak-anaknya. Dan itu bukanlah sesuatu yang salah selama harapan-harapan itu tidak keluar dari koridor tuntunan ajaran agama. Beberapa macam harapan orang tua terhadap anak - anaknya sebagai berikut diantaranya :

1. Tumbuh Dewasa dan Menjadi Orang yang Soleh

Terlepas dari seperti apa kita atau anak-anak kita di masa perkembangannya, orangtua hanya berharap, bahwa kelak ketika anak-anak itu dewasa pada akhirnya bisa menjadi orang yang soleh yang patuh dan taat terhadap ajaran agamanya. Terlebih bagi kita yang beragama Islam, sedangkal apapun pemahaman kita dan sekecil apapun pengamalan kita terhadap ajaran agama itu, kita pasti berharap agar anak-anak kita kelak bisa lebih dari kita, lebih memahami dan lebih banyak mengamalakan ajaran agama itu.

2. Hidup Sehat & Bahagia

Tidak sedikit dari orang tua yang memaksakan anaknya untuk memakan sayuran, minum susu dan vitamin padahal anaknya sudah sehat. Karena mereka hanya ingin anaknya kelak memiliki badan atau jiwa yang sehat wal'afiat. ttidak sedikit pula dari mereka yang memaksa anaknya untuk mengikuti berbagai macam kegiatan kursus diluar sekolah. karena orang tua kita berharap kelak anak - anaknya dapat berguna bagi agama nusa dan bangsa.

3. Hidup Sejahtera & Mampu Menjadi Penolong bagi Orang Lain yang Masih Memerlukan.

Tidak ada satupun orang tua yang berharap kelak hidupnya akan susah. dengan segala daya dan upaya orang tua kita menyekolahkan kita hingga tingkat yang lebih tinggi berharap anaknya nanti akan berguna untuk agama, nusa dan bangsa. Terlepas apakah seorang anak kelak akan menjadi seorang pejabat, seorang pimpinan perusahaan, seorang pengusaha sukses, atau hanya menjadi orang biasa, selama dia hidup sejahtera sanggup mencukupi kebutuhan diri dan keluarganya dan mampu menjadi penolong bagi kepentingan agama dan orang lain yang membutuhkannya, tentu itu akan sangat membahagiakan bagi orang tua.


/// sumber : http://www.orangtua.org/?p=292

0 komentar:

Posting Komentar